Wakili Pimpinan DPRD, Komisi C Hadiri Penyerahan Bantuan Alat Pertanian dari OKIA ke Warga

Anggota Komisi C DPRD Mimika Novian Kulla saat memberikan bantuan dari OKIA berupa alat pertanian, bibit, dan pupuk kepada warga, Rabu (24/6) / Foto : Istimewa

TIMIKA,(timikabisnis.com) – Tiga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, Novian Kulla,  Den B Hagabal dan Amandus Gwijangge menghadiri penyerahan bantuan alat pertanian dari Organisasi Kaum Intelektual Amungsa (OKIA) kabupaten Mimika kepada warga di Kelurahan Karang Senang (SP3) dan Kampung Utikini, distrik Kuala Kencana dan Distrik Kwamki Narama, Rabu (24/6).

Proses penyerahan bantuan peralatan pertanian dari OKIA kepada warga juga dihadiri anggota Komisi C, Novian Kulla yang diberi mandat mewakili Pimpinan DPRD  Mimika untuk mengikuti serangkaian kegiatan peyerahkan bantuan dri OKIA Mimika secara simbolis kepada warga.

Anggota Komisi C DPRD Mimika Novian Kulla mengatakan, ada beberapa aspirasi yang disampaikan masyarakat dan perlu di kawal, yang mana sejauh ini masyarakat terkendala dengan belum ada wadah atau koperasi untuk menampung hasil pertanian untuk selanjutnya dapat dikirim kepada orang atau perusahaan. Karena selama ini banyak hasil pertanian yang busuk, selain itu, memudahkan masyarakat untuk menjual hasil pertaniannya.

Sebagai representasi dari masyarakat tentunya dewan mempunyai fungsi pengawasan, sehingga semua aspirasi yang disampaikan akan di kawal.

“Kegiatan yang dibuat oleh OKIA sangat baik dan Dewan sangat apresiasi apa yang dilakukan oleh OKIA. Terkait aspirasi dari masyarakat yang jelasnya kita akan berkoordinasi dengan dinas terkait. Karena DPRD punya fungsi pengawasan dan nanti kami akan kawal itu,” kata Novian.

Salah satu pengurus OKIA, Perion Janampa usai penyerahan bantuan mengakui, kehadiran OKIA sebagai penghubung antara pemerintah dan masyarakat 7 suku,  atas dasar kepercayaan yang dibangun OKIA bisa ambil bagian dalam mensosialisasikan pandemi Covid-19 kepada masyarakat menggunakan bahasa daerah di kabupaten Mimika.

Selain itu, untuk meningkatkan pertanian masyarakat 7 suku selama pandemi Covid-19 ini, pihak OKIA juga tergerak hati untuk memberikan bantuan berupa alat pertanian, seperti parang, kapak, sekop, bibit bayam, sawi, ketimun, jagung, dan pupuk kepada masyarakat. Bantuan ini bertujuan agar masyarakat bisa mandiri sehingga tidak hanya berharap pada bantuan dari pemerintah.

“Kami dari OKIA sebagai jembatan dari pemerintah menuju masyarakat, setelah ada kepercayaan yang dibangun dan atas kepercayaan itulah OKIA melihat bagaimana kegiatan ini bisa berjalan dengan cara kita berikan bantuan bibit, alat pertanian, kalau untuk pesisir itu kita kasih jaring dan pancing,” kata Perion

Ia berharap, pihak pemerintah melalui dinas terkait bisa mengambil contoh dari apa yang OKIA lakukan, demi meningkatkan pangan lokal.

“Pemerintah bisa buat seperti yang kita buat, supaya kita perkuat pangan lokal,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Produksi Ketahanan Pangan Hengki You mengatakan, bantuan berupa alat pertanian serta bibit dan pupuk yang diberikan kepada masyarakat tentunya merupakan inisiatif yang baik dari OKIA agar masyarakat lebih terpacu untuk mengembangakan pertanian dan perkuat pangan lokal.

“Jadi untuk mendapat bantuan ini masyarakat harus buat kelompok di masing-masing kampung. Karena kami dari dinas tidak bisa bantu perorang, dan kita bisa bantu hanya kelompok, sehingga pertanggung jawaban dan pengawasan juga gampang. Jadi nanti masing-masing kampung buat kelompok disertai nama kelompok dan ketua kelompok jumlah anggota luas lahan, setelah itu kebutuhan apa saja,” kata Hengki. (opa)

 

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *