Sekwan Gat Tebay : DPRD Mimika Agendakan Gelar 3 Paripurna

Sekretaris Dewan DPRD Mimika, Gat Tebay,AP /Foto : husyen opa

TIMIKA, (timikabisnis.com) – Dalam Dua bulan kedepan ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Mimika mengagendakan menggelar tiga paripurna, diantaranya Paripurna hasil rolling Alat Kelengkapan Dewan (AKD), Paripurna Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Non Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (Non APBD)  dan Paripurna Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun anggaran 2022.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Mimika, Gat Tebay,AP kepada wartawan di kantor DPRD Mimika, Rabu (22/6/2022). Menurutnya, agenda tersebut untuk waktunya belum bisa dipastikan karena harus menunggu seluruh anggota DPRD Mimika kembali tiba di Timika, sebab beberapa anggota dewan masih berada di luar Timika dengan kegiatan dinas dan partai.

“Dalam waktu dekat ini dewan akan melakukan pemilihan pimpinan Alat Kelengkapan Dewan dan dilanjutkan dengan paripurna AKD, selanjuntya masuk pada agenda Paripurna Raperda Non APBD dan Paripurna APBD Perubahan tahun 2022. Setelah semua anggota dewan lengkap, maka tiga agenda tersebut akan segera dilakukan,”tegas Gat Tebay.

Dijelaskan Sekwan, agenda pertama adalah melakukan pemilihan pimpnan AKD  dan setela sudah menetapkan pimpinan  AKD maka dilanjutkan untuk diparipurnakan secara resmi.

“Terkait pemilihan pimpinan pimpinan AKD tinggal menunggu seluruh anggota dewan lengkap, sebab beberapa waktu lalu pembahasan soal penentuan keanggotaaan AKD sudah dibahas di Jayapura dan akan dilanjutkan pemilihan pimpinan AKD di Timika. Kalau sudah proses pemilihan pimpinan AKD akan disahkan pada paripurna,”katanya.

Gat mengakui, bahwa selain AKD  dewan juga telah menyetujui adanya penambahan satu fraksi dari enam menjadi 7 fraksi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bahwa jumlah fraksi di lingkup DPRD Mimika kini berjumlah tujuh fraksi didasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

DPRD Mimika sebelumnya memiliki 6 fraksi tapi kemudian ada penambahan satu fraksi dan perubahan nama fraksi. Sebelumnya ada enam fraksi yakni Fraksi Golkar, Fraksi PDIP, Fraksi Gerindra, Fraksi PKB, Fraksi Nasdem dan Fraksi Mimika Bangkit. Fraksi Demokrat kini menjadi fraksi tersendiri pecahan dari Fraksi Mimika Bangkit. Sementara Fraksi Mimika Bangkit berubah nama menjadi Fraksi Perindo.

Penambahan fraksi ini diputuskan dalam rapat kerja DPRD Mimika dalam rangka perubahan komposisi keanggota Alat Kelengkapan Dewan (AKD), usulan penambahan fraksi DPRD dan pembentukan panitia khusus DPRD Mimika Tahun 2022 di Jakarta pada 22 Mei 2022 lalu. (*opa)

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *