Kegiatan Sosialisasi Pendampingan Akreditas Sekolah-Madrasah Jadi Motivasi Sekolah dan Guru Berkompetisi

Kegiatan Sosialisasi itu dibuka oleh Sekertaris Dispen Kabupaten Mimika, Marten Kanna dengan menghadirkan dua pemateri Piter Kakihari selaku sekertaris Ban, dan Ampari Yakop Ansanay selaku Operator Ban dari Provinsi Papua. di Grand Tembaga Hotel, Kamis (22/4)/Foto : Yunita Simon

TIMIKA (Timikabisnis.com) – Dalam kegiatan sosialisasi pendampingan akreditas  sekolah/ madrasah yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika dengan menghadirkan Badan Akreditas Nasional (BAN) Provinsi Papua, Kamis (22/4) di Hotel Grand Tembaga diharapkan mamu menjadi motivasi bagi pihak sekoalah dan guru dalam berkompetisi.

Kegiatan Sosialisasi itu dibuka oleh Sekertaris Dispen Kabupaten Mimika, Marten Kanna dengan menghadirkan dua pemateri Piter Kakihari selaku sekertaris Ban, dan Ampari Yakop Ansanay selaku Operator Ban dari Provinsi Papua.

Sekretaris Dispen Mimika, Marten Kanna, mengappresiasi dan bangga dengan adanya Kelompok  Kerja Kepala Sekolah (K3S) yang baru terbentuk satu bulan ini, yang telah sigap melakukan kegiatan dengan mengikut sertakan partisipasi dari sekolah.

“Selam enanm tahun di dinas pendidikan kegiatan partisipasi yang menuju kepada pembangunan sumber daya baru kali ini saya lihat,” ucapnya.

Ia berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut kedepannya dan dapat bermanfaat untuk program-program lain demi meningkatkan pembangunan sumber daya manusia sehingga dapat mendorong juga taraf kehidupan yang lebih baik lagi.

Katanya, Akkreditas itu sangat penting dalam pencapaian sebuah sekolah, banyaknya sekolah-sekolah di Timika yang belum terakreditasi. Itu yang menjadi salah satu kendala bagi sekolah-sekolah negri dalam memajukan pendidikan kurikulumnya.

“Saya harap dengan akreditasi ini bukan hanya sebuah formalitas saja,  tapi akreditasi ini betul-betul kita tingkatkan untuk menaikkan levelnya. Jangan akreditasi ini tidak di full up , dokumen disimpan, kebiasaan baru muncul masuk pembelajaran baru mulai tanpa RPP sehingga kita tidak bisa menilai apa yang kita capai,” katanya.

Masih kata Marthen, bahwa dengan akreditas yang baik, sekolah negeri juga dapat berkompetisi memperlihatkan bahwa sekolah negeri mampu memimpin, mampu mengelolah sekolah, dan mampu mendidik.

Menurut Ketua Panitia pelaksana kegiatan, Piter Kiriwenno, S.Pd setelah dilantik sebagai anggota K3S, kegiatan yang terselenggara ini karena dukungan dari kepala-kepala sekolah.

“Saya merapatkan semua kepala-kepala sekolah, saya membicarakan hal ini dan disambut baik oleh mereka” ucapnya .

Anggaran kegiatan ini di ambil dari sumbang dari setiap-setiap sekolah, sebab pikirnya jika kegiatan dilakukan dipusat maka setiap sekolah akan mengeluarkan biaya yang lebih besar. Sehingga diputuskan dilaksanakan di kota Timika saja, dengan mendatangkan narasumber dari BAN Provinsi Papua.

Masih banyak Sekolah Dasar yang ada di kampung-kampung yang belum terakkreditasi karena kendala di transportasi , selama ini hanya sekolah dasar yang berada di kota Timika dan daerah pinggiran  saja yang menjadi focus karena dapat dijangkau.

Kegiatan hari ini dihadiri sekitar 172 Sekolah Dasar se kabupaten Mimika, baik yang ada di kota hingga di pedalaman, dengan melibatkan Kepala Sekolah dan Operator sekolah dari setiap perwakilan. (YUN)

 

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!