Tidar Papua Tengah Buka Pelatihan Gratis Untuk OAP

Timika (Timikabisnis) – Tunas Indonesia Raya (TIDAR) Provinsi Papua Tengah membuka program pelatihan kelas gratis bagi generarsi muda di Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Program pelatihan kelas gratis yang digagas oleh TIDAR Papua Tengah itu untuk memberikan pelatihan pada generasi muda yang teristimewa untuk Orang Asli Papua (OAP) sebagai mana untuk mendapat Wawasan, Pengalaman dan Sertifikasi sebelum menerjun kedunia Kerja dan dunia usaha.

Ketua Tunas Indonesia Raya (TIDAR) Provinsi Papua Tengah, Egy Kenharvey Jamco disela sela kegiatan, Jumat (31/5/2024) pada wartawan mengatakan, Program kelas gratis ini pertama untuk mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Mimika, Kedua adalah bagaimana membawa para generasi muda untuk melihat atau membaca peluang usaha kedepan. Ini juga sebagai bentuk tindak lanjut Pendidikan Gratis kerja Nyata Pak Prabowo – Gibran di papua Tengah.

“Jadi kita buat kelas gratis ini untuk memfasilitasi adik adik ini supaya lebih dekat dengan dunia kerja dan usaha. Sebagaimana modal dasar limu yang mereka dapatkan di tempat pelatihan ini sehingga bisa menunjang mereka untuk masuk dalam dunia kerja,” ungkapnya.

Lanjut Kata Dia, Pihaknya juga telah bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan dan pengusaha pengusaha lokal Kabupaten Mimika untuk Memberi bersama sama membantu adik adik papua untuk mendapat pekerjaan.

Hal ini telah direspon baik dan di Apresiasi sangat luar biasa oleh Pemerintah Provinsi Papua Tengah yaitu DISNAKERTRANS Provinsi Papua Tengah dan Disnakertrans Kabupaten Mimika dalam sambutan mewakili Pemerintah daerah Ibu Selfina Pappang SE, MT (sekretaris Disnakertrans ) menyampaikan semoga kegiatan positif seperti ini bisa berjalan terus menerus guna mempersiapkan adik adik Asli Papua muda yang siap bersaing di papua dan Nasional. Lanjutnya bahwa ada beberapa Program disnaker yang disampaikan jika ada peluang dunia kerja langsung infokan kepada TIDAR untuk mengirim kandidatnya semoga bisa bermanfaat dan menolong adik adik Papua khusunya papua Tengah.

Mewakili Provinsi Program dibuka langsung untuk materi K3 oleh Ibu Sri Rahmi.

“Materi yang kami latih ini adalah, bahasa Inggris, pablic speaking, komuter dan kelas inspirasi yang menghadirkan perusahan lokal. Dan mereka juga dapat sertifiikat,”jelasnya.

Dikatakan Egy, Pelatihan ini akan berlangsung selama satu bulan, dimulai dari hari senin – jumat, dari pukul : 01.00 – 17.00 WIT.

Hal senada juga disampaikan oleh Ferdinand Deda selaku Fasilitator Gerakan Cinta Edukasi Papua (Gercep) bahwa, Kegiatan pelatihan ini sebagai motifasi untuk generasi muda untuk mampu bersaing dalam dunia kerja atau berwira usaha.

“Kita harapkan peserta ini bukan hanya terlibat dalam perusahaan perusahan tapi bisa membuka usaha juga. Sehingga tujuan utamanya untuk membantu mengurangi angka pengangguran di Timika. Dan pertama kita prioritaskan untuk anak anak Papua,” katanya.

Kendati demikian, Kata Ferdinand, Program ini sebagai jembatan dan dapat diharapkan agar pengusaha pengusaha dapat melirik dan merangkul mereka. (Tim)

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *