Pasca Banjir di SP 5, Distanbud Mimika Bakal Berikan Mesin Alkon Pada Kelompok Tani

TIMIKA, (Timika bisnis.com) – Pasca kejadian banjir di Wilayah Satuan Pemukiman (SP 5) Distrik Iwaka pada Selasa (11/6) Kemarin, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultural dan Perkebunan (Distanbud) Kabupaten Mimika bakal berikan bantuan berupa mesin Alkon kepada kelompok tani  yang terdampak banjir luapan kali Piuga.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultural dan Perkebunan (Distanbud) Kabupaten Mimika,Alice Wanma mengungkapkan curah hujan yang tinggi dan luapan kali mengakibatkan sebagian lahan pertanian di SP5 Distrik Iwaka terendam. Yang paling rentan terendam banjir ialah bedeng tanaman sayur sayuran karena bedengan sayur sayuran tidak terlalu tinggi. Ditambah lahan pertanian di wilayah SP5 lebih banyak yang merupakan lahan rendah dan mudah terendam saat hujan deras.

“Kami akan bantu mesin alkon supaya bisa menyedot air yang tergenang di lahan-lahan. Untuk sementara,tidak banyak Alkon yang kami bagi, karena disesuaikan dengan persediaan di kantor, tapi kedepannya akan diupayakan lagi,” ungkap Alice Wanma pada wartawan saat ditemui di Hotel Horison Diana Timika – Papua Tengah, Rabu (12/6/2024).

Kata Alice, bantuan Alkon untuk kelompok tani di Timika bukan hanya dilakukan saat terjadinya banjir seperti yang dialami warga SP 5 pada 11 Juni kemarin, tetapi sering dibagi dan menjadi program tahunan. Demikian halnya dengan bantuan peralatan lainnya termasuk bibit tanaman.

“Saya sudah arahkan ke Kabid-kabid supaya selalu siap alat-alat pertanian agar sigap saat membantu petani,”ungkapnya. (anis)

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *