Kampung Mawokau Jaya Usulkan Bangun 15 Rumah Layak Huni

Timika (timikabisnis) – Pemerintah Kampung Mawokau Jaya, Distrik Wania mengusulkan pembangunan belasan unit rumah layak huni bagi masyarakat Mawokau Jaya di tahun 2020 ini. Tim dari Dinas Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Mimika baru ambil dokumen kartu keluarga (KK) beberapa hari lalu.

“ Sekarang sudah mau akhir tahun, Tinggal satu bulan saja kita sudah tinggalkan 2020 dan masuk 2021 apakah pekerjaan ini bisa jalan. Rencananya besok Selasa (1/12) mereka akan ambil dokumen 15 KK warga di sini, kita hanya berharap mereka bisa bangun dan selesaikan pekerjaan sebelum akhir tahun ini,” kata Kepala Kampung Mawokau Jaya, Edison Rafra kepada wartawan di kantornya, Senin (30/11).

Menurut Edison awalnya ada surat dari Dinas Pemukiman yang isinya untuk survei dan pekerjaan rumah ini tahun 2020. Tim survei dari Dinas Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Mimika bersama konsultan turun survei dan kepala kampung mendampingi mereka survei . Saat turun aparat kampung Mawokau Jaya dampingi mereka ke 12 RT. Dari hasil survei mereka ada belasan rumah yang layak untuk dibangun oleh pemerintah.
Kemudian petugas dari Dinas Pemukiman dan Pertanahan maupun konsultan tidak menjelaskan kapan mereka akan bangun, tapi dilihat soal waktu sangat tidak mungkin mereka bangun dalam waktu satu bulan ini. Besok sudah tanggal 1 Desember apakah mereka bisa kerja selesai hingga akhir bulan Desember nanti.

Soal hasil survei, kata Edison pihaknya prioritas kepada mereka yang kurang mampu, artinya selama mereka memiliki rumah darurat yang mereka bangun sendiri, dengan adanya program pemerintah ini aparat kampung dan Dinas perumahan dan pertanahan prioritas mereka yang kurang mampu.

Karena sudah ada surat bahkan mereka akan mengambil hasil survei dan dokumen dari 15 KK ini maka pihaknya yakin pemerintah akan bangun dalam tahun ini juga. Yang terpenting dikerjakan selesai hingga 31 Desember mendatang. (don)

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *