Pesawat Hercules Angkut 59 babi Bantuan Panglima TNI ke Timika

Timika (timikabisnis) – Puluhan Babi bantuan panglima TNI Marsekal TNI Dr Hadi Tjahjanto, SIP tiba di Timika, Kamis (26/11) pada jam 08.30 WIT dengan menggunakan pesawat Hercules. Bantuan babi sebanyak 59 ekor untuk kegiatan bakar batu bersama masyarakat di Timika dan beberapa daerah di Papua lainnya.

Brigadir Jenderal (Brigjend) TNI Dadang Rukiatna kepada wartawan saat menerima bantuan babi ini di Apron Bandara Baru Moses Kilangin sisi Selatan kepada wartawan mengatakan, bantuan babi Panglima TNI untuk masyarakat Papua yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru 2021 agar berlangsung aman, tertib dan tidak ada gangguan apapun. Jika tidak ada kegiatan besar dan penting di ibu kota menurut rencana beberapa hari kedepan ini Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan datang ke Timika untuk menyerahkan bantuan ini kepada masyarakat.

“Bantuan babi bukan hanya untuk Timika, tapi akan didistribusikan ke beberapa daerah sekitarnya. Nanti kita yang distribusikan ke sana, dan sisanya untuk Timika. Ini bantuan buat masyarakat agar dapat merayakan Natal dengan sukacita, penuh kedamaian dan persaudaraan. Setelah tiba di Bandara Babi-babi ini diamankan mengggunakan truk dinas milik Kogabwilhan III Timika untuk diamankan sementara sebelum ada pembagian nanti,” kata Brigjend Dadang.

Menurut Dadang puluhan ekor babi bantuan ini diangkut dari Ambon, Maluku lalu dibawa ke Timika untuk dibagi-bagi kepada masyarakat. Babi yang sudah ada ini akan dibagi ke beberapa kabupaten sehingga masyarakat di sana merasakan bantuan menjelang Hari Raya Natal dari Panglima TNI. Belum tahu pembagian seperti apa, tapi setelah dibagi-bagi dan diangkut ke daerah-daerah yuang sisanya untuk di Timika.

Bantuan babi Panglima TNI, kata Brigjend Dadang tidak ada hubungan dengan situasi menjelang satu Desember. Tidak ada hubungan juga dengan situasi di Papua yang lagi hangat bebrerapa waktu belakangan ini. Ini murni bantuan Panglima agar masyarakat dapat melaksanakan Natal dengan sukacita dan damai sejahtera.

Saat ini puluhan babi diamankan dilahan milik Kogabwilhan III di daerah SP 5 Timika. Ada anggota yang perhatikan, kasih makan dan rawat bai-babi supaya tetap sehat karena sebagaian akan diangkut ke beberapa daerah untuk dibagikan ke masyarakat di sana. Soal bakar batu atau tidak, dia belum pastikan bakar batu atau tidak, damn apaah acara itu dilakukan pada waktu Panglima datang ke Timika juga belum ada kepastian.

Soal kedatangan Panglima TNI, kata Brigjend Dadang, belum tahu tanggal berapa, tapi dalam beberapa hari kedepan Panglima akan datang ke Timika. Di Timika beliau akan berdialog dengan tokoh-tokoh masyarakat, memimpin pertemuan dengan jajaran satuan TNI se Timika. Soal yang ikut dalam rombongan Panglima, sesuai informasi ada Kasi Ops Polri, dan beberapa perwira tinggi yang mendampingi beliau. “ Beliau datang pagi hari sekitar jam 0930 Wit langsung bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat, kemudian dilanjutkan dengan pimpinan-pimpinan TNI dan para perwira yang ada di Timika. Setelah itu makan siang bersama, lalu pada sore hari pada pukul 16.30 Wit beliau kembali ke Jakarta dengan penerbangan komersil,:” terang Brigjend Dadang. (don)

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *