Menghayati Pengorbanan Yesus Kristus, Jemaat GKI Ebenhaezer Timika Ikuti Prosesi Jalan Salib

Timika (timikabisnis) – Memasuki pekan suci perayaan Paskah tahun 2024, jemaat Gereja Keristen Injili (GKI) Ebenhaezer Timika mengikuti prosesi jalan salib, yang diikuti oleh ratusan jemaat dari semua Rayon, mulai dari Rayon Yerusalem sampai Rayon Yordan, Senin (25/3).

Cuaca yang cukup cerah menjadi semangat religius bagi peserta yang  mengikuti prosesi jalan salib, diorama yang ditampilkan oleh pemeran sepanjang perjalanan sangat menyentuh iman kekeristenan.  selama jalan salib ditampilkan drama mulai penangkapan Yesus, kemudian diserahkan kepada  Pontius Pilatus, Yesus dijatuhi human mati, Yesus memikul Salib. Yesus jatuh beberapa kali. Yesus berjumpa dengan ibu-Nya. Yesus ditolong oleh Simon dari Kirene. Yesus menghibur perempuan-perempuan yang menangisi-Nya. Yesus disalib, hingga Yesus Wafat.

Pendeta Jemaat GKI Ebenhaezer Timika Pdt.Diana Feronika Joultuwu, S.Th.M.Mis  menjelaskan kegiatan jalan salib yang dilakukan jemaat Ebenhaezer Timika oleh Panitia Hari Besar Gerejawi yang dipercayakan kepada Rayon Yordan  tujuannya kembali mengingatkan kepada jemaat makna pengorbanan Yesus Kristus.

“Supaya semua orang hidup dalam pertobatan, sehingga perayaan paskah minggu sengsara bukan saja sebagai acara ataupun kebiasaan rutinitas semata, tetapi di momen ini kita dibawa untuk merenungkan bahwa pengorbanan Yesus ini untuk menebus dosa manusia. Sehingga kita yang melihat dan terlibat didalamnya benar-benar menghayati pengorbanan Yesus Kristus dan boleh hidup dalam pertobatan, hidup baru didalam Yesus Kristus” katanya.

Panitia HBG Rayon Yordan foto bersama pendeta jemaat GKI Ebenhazer Timika Dina F Joultuwu dan pemeran jalan salib.

Lebih lanjut Pendeta Dina mengatakan selain jalan salib ada perayaan Jumat Agung , perjamuan kudus kemudian ada malam puji-pujian semalam suntuk, kemudian pawai obor dan ibadah perayaan fajar paskah setelah pawai obor.

Sementara itu ketua Panitia Yulius Tomas mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia HBG dalam hal ini Rayon  Yordan, majelis maupun pendeta jemaat dan seluruh jemaat Ebenhaezer yang sudah berpartisipasi mengikuti kegiatan ini, kalaupun ada salah dalam kegiatan ini, panitia memohon maaf, tetapi puji Tuhan semua berjalan dengan baik.

Prosesi jalan salib dimulai pada pukul 14.00 WIT, mengambil rute dari halaman Gereja GKI Ebenhaezer melewati jalan Ahmad Yani, kemudian Jalan Yos Sudarso, kearah jalan Bhayangkara, dan kembali kejalan Ahmad Yani sebelum memasuki Gereja Ebenhaezer. (don)

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *