Disimak, Tiga Jenis Bumbu Dapur yang Lagi Mahal di Timika

Timika (Timikabisnis) – Harga cabai rawit, jeruk ikan dan jahe merah di Pasar Sentral-Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, mengalami lonjakan harga sangat tinggi.

Cabai rawit dijual dengan harga Rp100 ribu perkilogram,jeruk ikan dijual dengan harga Rp70 ribu perkilogram dan jahe merah dijual dengan harga Rp.80 ribu perkilogram.

“Cabai rawit ini lokal, kita ambil Rp80-Rp90 perkilogram kita jual Rp100 perkilogram. Cabai rawit ini sudah lama naik. Kalau jeruk ikan ini baru naik,harganya kita ambil Rp60 ribu perkilogram kita jual Rp70 ribu perkilogram padahal sebelumnya kita jual Rp25 ribu-Rp30 ribu perkilogram. Kalau jahe merah kita jual Rp80 ribu perkilogram,jahe merah saat ini di pasar lagi kosong karena tidak ada kiriman dari luar,”kata Eche, salah satu pedagang Pasar Sentral saat ditemui di lapak jualannya,Rabu (25/10/2023).

Selain itu tomat juga mengalami kenaikan harga, tomat yang sebelumnya dijual dengan harga Rp10 ribu perkilogram saat ini dijual dengan harga Rp25 ribu perkilogram.

Bawang merah di pasar saat ini mengalami penurunan harga, saat ini bawang merah dijual dengan harga Rp35-Rp40 ribu perkilogran. Sementara harga bawang putih masih stabil di Rp50 ribu perkilogram.

Cabai besar di pasar dijual dengan harga Rp25 ribu perkilogram, sementara cabai kriting dijual dengan harga Rp80 ribu perkilogram.

Justru harga sayur-sayuran mengalami penurun harga bahkan ada beberapa jenis sayuran yang harganya sangat anjlok.

“Sayuran anjlok, bayam itu harga 3 ikat Rp15 ribu,”kata Eche. (sel)

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *