Calon DPD RI Wilhelmus Pigai Raih 88.326 Suara, Tertinggi di Kabupaten Mimika

Suasana Pleno Penetapan Perolehan Suara Pemilu 2024 untuk kabupaten Mimika dilaksanakan di Graha Eme Neme Yauware, Timika, kabupaten Mimika, Papua Tengah, Rabu (13/3/2024) /Foto : husyen opa

TIMIKA, (timikabisnis.com) – Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) nomor urut 10, Wilhelmus Pigai dengan memperoleh 88.326 suara, disusul urutan kedua calon nomor urut 11, Yorris Raweyai dengan  meraih 83.228 suara, dan peringkat ketiga oleh calon nomor 5, List Tabuni yang berhasil meraup 11.824 suara.

Hal ini terungkap dalam Rapat pleno Penetapan KPU Mimika yang digelar di Graha Eme Neme Yauware, Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Rabu (13/3/2024).

Hasil penetapan perolehan suara hasil pemilu dari 18 distrik di kabupaten Mimika dibacakan oleh
Komisioner KPU Divisi Tehnis, Fransiskus Xaverius Ama Bebe Bahy, yang disaksikan oleh Ketua KPU Mimika Dete Abugau, dan Komisioner lainnya, Hironimus Kia Ruma (Divisi Hukum), Budiono (Divisi Data) dan Delince Somou (Divisi Logistik), lima anggota Komisioner Bawaslu, para Saksi dan pimpinan Parpol dan Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, dan sejumlah perwakilan Forkopimda kabupaten Mimika.

Dalam pembacaan hasil perolehan suara oleh Fransiskus Xaverius Ama Bebe Bahy, selain membacakan perolehan suara tingkat DPD RI, juga dibacakan secara lengkap perolehan suara Pilpres, DPR RI, DPRD Provinsi Dapil 5 Mimika, dan perolehan suara untuk tingkat kabupaten dari Dapil Mimika 1 sampai Dapil Mimika 6.

Untuk peringkat keempat DPD RI berikutnya di tempati oleh calon nomor 1, Arnold B Kayame dengan 10.608 suara, posisi kelima ditempati calon nomor urut 2, Eka Kristina Yeomo dengan 9.164 suara, urutan keenam Ditempati oleh calon nomor 7, Pdt Ruben Uamang dengan 6.595 suara.

Untuk posisi ketujuh ditempati oleh calon nomor urut 8, Sania Moningga Hindom dengan 5.587 suara, disusul calon nomor urut 6, Mikael Edoway  dengan 3.700 suara, Calon nomor urut 3 Ham Nawipa dengan meraup 3.074 suara, selanjutnya calon nomor urut 9, Wenslaus Tebay dengan 2526 suara.

Selanjutnya, calon DPD RI lainnya, calon nomor urut 12, Yosepina Pigai dengan  meraih 2.517 suara, dan calon nomor urut 4, Jhoni Ukago yang berhasil meraih 2.440 suara.

Untuk perolehan suara Pemilu Presiden, Paslon 02 Prabowo Subianto – Gibran Rakabumingraka meraih suara tertinggi dengan 134.031 suara, uruta kedua ditempati paslon 03, Ganjar Pranowo – Mahfud MD dengan 49.129 suara dan posisi ketiga ditempati paslon 01, Anies Rasyid Baswedan – Muhaimin Iskandar dengan perolehan suara 30.961 suara.

Hasil Perolehan suara DPD RI dan Presiden untuk kabupaten Mimika akhirnya disahkan oleh lima Komisioner KPU, sementara keberatan dan temuan dari saksi maupun Bawaslu selanjutnya akan dibawah ke pleno tingkat  provinsi Papua Tengah di Nabire. (Opa)

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *