‘Rugby Go To School’ Bagian Dari Perkenalkan dan Pengembangan Rugby Di Mimika

Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Rugby Kabupaten Mimika, Papua Tengah, George Deda/Foto : husyen opa

TIMIKA, (timikabisnis.com) – Perkembangan dan kemajuan olahraga Rugby di tanah Papua harus diakui telah mengalami kemajuan yang sangat signifikan, sejak rugby mulai diperkenalkan diera tahun 1990 an di kabupaten Mimika hingga saat ini, prestasi di cabang olahraga rugby yang tergolong merupakan salah satu cabang keras, saat ini sudah ditunjukkan dengan segudang prestasi di berbagai ajang di level kabupaten, provinsi, nasional bahkan beberapa ivent internasional.

Puncak dari prestasi olahraga rugby di Papua dibuktikan dengan pertama dipertandingkan resmi Cabor Rugby pada PON XX tahun 2022 lalu, tim putra dan putri Papua menyabet emas dan Perak, dan tim putra dan putri PON Rugby provinsi Papua diisi oleh kebanyakan pemain dari kabupaten Mimika.

Keberhasilan Rugby Papua mempersembahkan prestasi pada PON XX lalu dan prestasi prestasi lainnya, bahkan tercatat dalam sejarah bahwa rugby di Papua menyumbang banyak pemain untuk memperkuat timnas rugby Indonesia diajang turnamen tingkat internasional seperti Asean Games dan turnamen resmi lainnya di level asia, maupun asia tenggara. Dan prestasi rugby dilevel nasional dan tingkat internasional adalah buah komitmen dan konsistensi para legenda rugby dan para mantan pemain semua berawal dari Kabupaten Mimika.

Walaupun perkembangan dan prestasi rugby terus menglami kemajuan, namun hal itu tidak membuat pengurus Rugby Kabupaten Mimika puas sampai disitu. Papua yang begitu luas, lebih khusus di kabupaten Mimika yang kondisi geografis nya membuat pengembangan olahraga rugby selama ini hanya dapat dimainkan dan dilihat hanya di dalam kota saja, sehingga muncul ide ide brilian dari para pengurus Rugby Papua Tengah dan kabupaten Mimika untuk terus dan ingin agar para generasi muda di pinggiran kota, di distrik distrik bahkan di kampung kampung rugby harus dikenal dan dapat dimainkan oleh anak anak Amungme Kamoro yang ada dari pesisir dan pegunungan.

Itulah kira kira impian dari para pelatih, para mantan pemain sekaligus pengurus Rugby Papua Tengah dan kabupaten Mimika untuk terus memperkenalkan olahraga rugby khususnya diusia sekolah sekolah,  dengan nama “Rugby Go To School”.

Dibawa komando Ketua Pengcab Rugby Kabupaten Mimika yang juga adalah mantan pelatih tim Tim Rugby Putra PON Papua pada tahun XX, George Deda dan kolega koleganya sudah melaksanakan kegiatan Rugby  Go To School beberapa waktu lalu, sasarannya adalah di beberapa sekolah di dalam kota Timika, hingga ke Kwamki Narama, Kokonao Distrik Mimika Barat.

George Deda saat ditemui di lapangan Timika Indah bersamaan dengan kegiatan Festival Rugby tingkat SD dan SMP se kabupaten Mimika beberapa hari lalu mengaku kegiatan Rugbu Go To School sudah dilakukan dengan sasaran di beberapa sekolah di tingkat SD, SMP dan SMA/SMK.

Menurut George Deda, bahwa program Rugby Go To yang sudah dilakukan, walaupun belum maksimal namun program ini mendapat respon positif dan tanggapan dari para pemerhati olahraga, guru termasuk anak anak sekolah yang antusias mengikuti coaching clinic dasar dara permainan rugby.

“Rugby Go To School adalah salah satu progran yang sebenar sudah pernah dilakukan, dan kini kita mulai gencar mensosialisasi rugby ke sekolah bahkan ke Kampung-kampung. Tujuannya tak lain agar rugby lebih dikenal dan pengembangan dan prestasi rugby kedepan lebih baik, “ungkap Deda.

Ditambahkan George Deda, melalu Rugby Go To ini akan mendapatkan atlet atlet muda dan bertalenta di cabang Rugby untuk nantinya menjadi aset kabupaten Mimika.

“Dari Rugby Go To School yang sudah dilakukan mendapatkan respon baik, sehingga output dari Go To School itulah kami menggelar festival Rugby tingkat SD dan SMP beberapa hari lalu. Awalnya saya tidak menyangka respon dari anak anak sangat luar biasa, mereka mampu menunjukkan skill dan kemampuan bermain rugby padahal mereka baru mengenalnya beberapa saat dan singkat melalui Rugby Go To School. Hal ini yang membuat saya sangat senang dan bangga serta optimis perkembangan rugby kedepan akan lebih baik, “katanya.

Dikatakan George Deda, selain program Rugby Go To School, Festival Rugby Tingkag SD dan SMP, dalam waktu dekat akan ada turnamen rugby antar klub dalam rangka Pekan Olahraga Kabupaten (Forkab) yang didukung oleh KONI Mimika.

“Dalam waktu dekat kita pengurus rugby yang ditunjuk KONI Mimika untuk menggelar turnamen Rugby,  diharapkan turnamen antar klub ini akan menjaring pemain pemain muda potensi untuk di orbitkan dalam persiapan tim PON yang akan membela tim Rugby  Papua Tengah yang sudah lolos sebagai salah satu tim dalam pada PON Aceh dan Sumatera 2024 mendatang, “sebutnya. (opa)

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *