Pemuda Kampung Kadun Jaya, Bentuk Posko Tanggap Darurat Covid-19

POSKO TANGGAP DARURAT -Pemuda dari kampung Kadun Jaya saat sosialisasi cuci tangan menggunakan sabun setiap warga yang hendak masuk ek kampung Kadun Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, papua, Sabtu (18/4). /PEWARTA FOTO : HUSYEN ABDILLAH

 

 TIMIKA, (timikabisnis.com) – Pemuda pemudi Kampung Kadun Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua membentuk posko tanggap darurat Covid-19 untuk mengantisipasi dan pencegahan virus corona yang semakin merebak di kabupaten Mimika.

“Untuk mengantisipasi menyebarnya Covid-19 di kampung Kadun Jaya ini, kami pemuda jauh hari sudah membentuk posko tanggap darurat. Kami menyeleksi setiap warga yang dari luar yang bukan warga disini, setiap masuk ke kampung kami melakukan penyemprotan disinfektan baik orang dan kendaraan. Termasuk dengan mewajibkan untuk cuci tangan yang sudah tersedia di posko atau depan gerbang masuk kampung,”tegas koordinator Posko Tanggap Darurat Kampung Kadun Jaya, Apek Wandikbo kepada timikabisnis, Sabtu (18/4) pagi tadi.

Wandikbo mengakui, posko yang dibentuk dijaga 1 x 24 jam secara bergantian, dengan menjaga posko sebanyak tiga pemuda.

“Apalagi adanya rencana penutupan secara total oleh pemerintah, kami pemuda di Kadun Jaya sangat siap untuk mendukung dan kami akan lebih selektif lagi termasuk menutup akses kelaur masuk warga maupun orang dari luar,”tegas Wandikbo.

Terkait sosialisasi cara pencegahan dan penanganan Covid-19 khusus untuk kampung Kadun Jaya sudah pernah dilakukan sekali tingkat distrik sehingga sudah mengetahui apa itu Covid-19.

“Awalnya Covid-19 ini banyak warga yang belum paham, namun secara perlahan lahan warga menerima dan mengerti. Sehingga kita pemuda saat memberlakukan pembatasan ini, mereka sudah dapat menerima. Sesuai batas waktu aktifitas sejak dari pagi jam 06.00 WIT sampai jam 14.00 WIT, warga bebas ke kebun dan berbelanja setiap hari,”katanya.

Namun Wandikbo berharap pemrintah daerah melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Mimika untuk segera merealisasikan bantuan sembako kepada seluruh warga di Kampung Kadun Jaya.

“Kami hanya dengar katanya ada mau bagi sembako, tapi sampai detik ini kami belum terima. Hanya inisiatif dari Kepala Kampung sudah memberikan bantuan dari dana operasional kampung dan dana pribadi sendiri. Karena itu, mohon segera diserahkan, sebab kalau tidak warga akan menjadi menderita karena status penutupan total aktifitas selama 14 hari,”pintanya. (opa)

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *