Waket II DPRD Mimika : Minimnya Fasilitas Ruang Isolasi, MSC Sangat Representatif

Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanis Felix Helyanan,SE/PEWARTA FOTO : HUSYEN ABDILLAH OPA

 

TIMIKA, (timikabisnis.com) – Seiring dengan semakin tingginya angka penyebaran Covid-19 di kabupaten Mimika, baik itu angka kasus positif yang sudah mencapai 36 pasien, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang akan membutuhkan tempat atau ruangan Isolasi yang lebih banyak lagi.

Karena dengan kondisi ini, serta menanggapi keluhan dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Kabupaten Mimika yang memiliki keterbatasan ruang isolasi, Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanis Felix Helyanan,SE  berharap Gedung Mimika Sport Center (MSC) yang dipersiapkan untuk salah satu venua pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) dapat digunakan untuk menjadi ruang isolasi karena sangat representatif.

“Artinya pemerintah daerah bisa negosiasi  dengan PT Freeport Indonesia sebagai pemilik fasilitas itu dapat digunakan sementara waktu selama wabah Covid-19. Karena saya lihat kan, Satgas Gugus Tugas  mengeluh kekurangan fasilitas tempat tidur isolasi ketika kasus terus meningkat,”tegas Yohanis Felix Helyanan, SE kepada timikabisnis, Selasa (21/4) malam.

Wakil Ketua II DPRD Mimika yang senang disapa Jhon Thie ini mengaku, kalau MSC ini dapat digunakan maka pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) sebagai pusat rujukan dan isolasi pasien Covid-19 bisa bernafas lega.

“Dengan hanya 15 tempat tidur di RSUD yang dijadikan ruang isolasi pasien Covid-19, akan bernapas lega bila ada ruang isolasi yang lainnya. Dengan adanya ruang isolsasi yang lebih banyak, maka RSUD bisa melayani pasien lain yang datang ke RSUD Mimika. Selama ini banyak warga yang sakit tapi takut untuk berobat ke RSUD karena jumlah pasien Covid-19 yang diisolasi terus bertambah,”ungkap Jhon.

“Walaupun sebenarnya MSC itu masih belum dihibahkan ke pemerintah, tetapi dengan kondisi emergency saat ini dan merupakan bencana kemanusian secara global, saya kira Freeport secara bijaksana bisa meminjam kan MSC sebagai salah satu tempat yang dijadikan isolasi bagi pasien Covid-19. Soal perelngkapan lainnya, seperti fasilitas dan peralatan pasien dan petugas medis dan lainnya bisa diadakan secepatnya oleh pemerintah melalui TGTPP,”serunya.

Dengan kondisi saat ini, Jhon Thie berharap agar semua kekuatan dan potensi yang ada di kabupaten Mimika ini bisa mendukung dan mensupport berbagai upaya dari pemerintah untuk mencegah semakin maraknya wabah Covid-19 ini.

“Artinya begini, kita juga melihat itu MSC kan nantinya akan menjadi fasilitas umu. Saya kira Freeport juga punya rasa kepedulian terhadap masyarakat Mimika, karena juga hampir seluruh karyawan juga merupakan warga masyarakat Mimik. Saya kira mereka pasti mau membantu,”serunya.

Terkait usulan tersebut, saya berharap Freeport juga harus bijaksana untuk memberikan peluang untuk Mimika Sport Centre itu jadikan tempat penampungan sementara orang dan pasien yang terindikasi Covid-19

“Tolonglah, ini untuk kepentingan masyarakat dan untuk kepentingan umum, sehingga saya harap untuk sementara bisa dipakai dulu. Nanti setelah itu kan, bisa digunakan kembali untuk fasilitas olahraga. Karena kondisi seperti saat ini salah satu fasilitas yang sangat representatif dan layak untuk merawat para pasien yang didiuga terinfeksi Covid-19 itu hanya MSC,”katanya.

Selain itu, Jhon Thie juga berharap agar seluruh pasien yang berstatus Positif, PDP, ODP dan OTG yang harus di isolasi demi memutus mata rantai penularan covid-19 juga harus pro aktif dan mau menerima untuk bisa diisolasi sementara.

“Kalau TGTPP menetapkan pasien harus di isolasi, saya berharap bisa menerima dan lapang dada. Sebab saya kira pasien covid-19 itu jangan merasa malu atau menganggap penyakit itu aib. Saya kira ini kita harus saling mendukung sehingga mata rantai penularan ini harus segera dihentikan. Sebab kalau tidak , maka akan berkepanjangan kasus Covid-19 ini,”pinta Jhon Thie. (opa)

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *