Umat Katolik Timika Gelar Perarakan Minggu Palma

“Apapun situasi yang kita hadapi, baik dalam keadaan senang atau dalam keadaan susah, hendaknya kita selalu setia kepada Tuhan yang mencintai kita dengan kasih karunianya yang tanpa batas”

Timika (timikabisnis.com) – Memasuki pekan suci menyambut Paskah, ribuan umat Katolik di Kota Timika menggelar perarakan daun palma (Minggu Palma) di sejumlah gereja setempat.

Perayaan Misa Minggu Palma di Gereja Katedral Tiga Raja Timika, Minggu, diawali dengan perarakan daun palma dimulai dari halaman Supermarket Gelael Jalan Cenderawasih menuju gedung gereja diikuti ribuan jemaat sambil membawa dan melambai-lambaikan daun palma di tangah.

Sementara di Gereja Katolik Santo Stefanus Sempan, ribuan umat menggelar perarakan daun palma dimulai dari halaman gedung SD Inpres Sempan Barat menuju gereja.

Sebagian besar umat terpaksa mengikuti ibadah di luar gedung gereja lantaran daya tampung tempat duduk di dalam gereja tidak mencukupi.

Pastor Maximilianus Dora OFM dalam khotbahnya mengatakan perayaan Minggu Palma mengawali rangkaian ibadah ‘Pekan Suci’ yaitu Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Malam Paskah dan Hari Raya Paskah.

Dalam kehidupan keseharian manusia, katanya, seseorang selalu dihadapkan pada dua situasi dan kondisi yang saling berlawanan yaitu pertarungan antara yang baik dan yang jahat.

“Ada saatnya kita bersemangat untuk memuliakan Tuhan, ingin melayani Tuhan, rajin berdoa dan memuji Tuhan, tapi ada saat-saat tertentu kita tidak semangat, kita tenggelam dalam pelbagai kesibukan duniawi sehingga tidak ada waktu untuk Tuhan. Apalagi jika secara ekonomis dan politis hal itu tidak menguntungkan,” kata Pastor Maximilianus.

Dalam kondisi seperti itu, Pastor Maximilianus meminta umat Katolik di parokinya agar tetap setia mengikuti jalan dan kehendak Tuhan.

“Apapun situasi yang kita hadapi, baik dalam keadaan senang atau dalam keadaan susah, hendaknya kita selalu setia kepada Tuhan yang mencintai kita dengan kasih karunianya yang tanpa batas,” ajak Pastor asal Bajawa, Nusa Tenggara Timur itu.

Tokoh umat Katolik Timika, Johannes Rettob mengatakan momentum ‘Pekan Suci’ tahun ini bertepatan dengan digelarnya pesta demokrasi yaitu Pemilihan Serentak (Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden), Rabu 17 April 2019.

Wakil Bupati Mimika terpilih 2019-2024 itu mengajak umat Katolik Timika agar berperan aktif menyukseskan agenda pesta demokrasi yang berlangsung sekali dalam lima tahun itu dengan menggunakan hak pilih mereka di Tempat Pemungutan Suara/TPS terdekat.

“Tahun ini di sela-sela perayaan Pekan Suci ada agenda Pemilu yang juga harus kita sukseskan bersama. Kami berharap umat Katolik di Timika juga ikut menyukseskan Pemilu tahun ini dengan menggunakan hak pilihnya di semua TPS yang ada,” kata Johannes. (*)

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *