Pemkab Mimika Tidak Hadir RDP Bahas Dana Pemilu Di Tunda

“Kami belum tahu alasan pihak keuangan pemkab dan KPPN tidak hadir. Mungkin undangan tidak sampai atau ada keperluan yang lebih penting lainnya. Yang jelas kami agendakan lagi agar bisa hadir semua dalam waktu dekat” | Wakil ketua I DPRD Mimika Yonas Magal

Timika (timikabisnis.com) – Rapat dengar pendapat (RDP) antara KPU Mimika, Panwaslu dan DPRD Mimika di ruang rapat DPRD Mimika, Rabu (13/3) dengan agenda pembahasan dana pemilu bersama Badan Keuangan Pemkab Mimika, KPPN dan Forkopimda karena dana pemilu sudah ada MPHD sehingga segera dicairkan karena tahapan pemilu sudah semakin dekat.

Namun, karena Badan Keuangan dan institusi terkait lainnya tidak hadir maka pembahasannya ditunda. Pertemuan yang dipimpin Wakil Ketua I DPRD Mimika, Yonas Magal, mengetuk palu untuk skor sidang dan akan diagendakan dalam waktu dekat dengan harapan Badan Keuangan dan KPPN serta lembaga penyelenggaran dan pengawas pemilu bisa hadir.

Wakil ketua I DPRD Mimika Yonas Magal saat ditemui usai memimpin RDP mengatakan pembahasan anggaran Pemilu 2019 akan laksanakan beberapa hari mendatang dan wajib dihadiri oleh Pemkab Mimika (Badan Keuangan), KPPN selaku pihak yang berkepentingan dalam pencairan anggaran Pemilu ini. Sehingga bisa langsung diambil jalan keluar dengan cepat.

“Kami belum tahu alasan pihak keuangan pemkab dan KPPN tidak hadir. Mungkin undangan tidak sampai atau ada keperluan yang lebih penting lainnya. Yang jelas kami agendakan lagi agar bisa hadir semua dalam waktu dekat,”terang Yonas.

Yonas menjelaskan, pemkab harus menjelaskan mengapa anggaran MPHD belum bisa cair. Sementara anggaran itu sangat dibutuhkan KPU Mimika untuk memperlancar tahapan-tahapan Pemilu 2019 yang semakin dekat pelaksanaannya.

“Urusan finansial pemilu ini yang utama pemkab harus hadir. Mereka harus jelaskan kenapa belum bisa cairkan dana itu. Dari informasi yang mereka sampaikan, kita akan bicarakan bersama untuk mencari jalan keluar agar uang ini bisa cair,” terang Yonas.

Yonas mengungkapkan masalah tersebut harus segera diselesaikan dan KPU Mimika dan Bawaslu bisa segera menjalankan tugasnya yaitu tahapan Pemilu. Pasalnya terkait anggaran tersebut adalah sesuatu yang paling utama untuk bisa berjalannya tahapam Pemilu 2019.

“Penyelenggara ini butuh anggaran sehingga harus diselesaikan secepatnya karena penyelenggaraan pemilu sudah dekat. Anggaran ini paling utama kalau tidak ada anggaran pasti tidak berjalan apapun kegiatannya,” jelas dia. (marus waka)

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *