Mimika Butuh Perda Wabah dan Ancaman Penyakit Berbahaya

Timika (timikabisnis) – Menanggapi keluhan Kadistrik Mimika Timur Jauh soal malaria dan stanting yang menghantui warganya, DPRD Mimika menyarankan bahkan menginisiasi agar Pemkab dan DPRD dapat membuat peraturan daerah ( Perda) wabah penyakit, penyakit menular dan penyakit berbahaya lainnya yang mengancam nyawa manusia.

Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanes Felix Helyanan atau John Thie kepada wartawan di ruang kerjanya mengatakan jika pemkab belum ada kesempatan maka sebaiknya DPRD dapat mengambil peran untuk menyusun Perda ini.

Dengan perda, soal wabah penyakit menular dan penyakit yang mengancam nyawa manusia sebagai usul inisatif dewan.

” Anggota dewan bisa studi banding ke daerah yang sudah terapkan perda ini, atau dewan bisa kerjasama dengan sejumlah lembaga mumpuni yang bisa jadi konsultan dalam penyusunan Perda ini” katanya.

Timika masih tinggi kasus malaria, Dinkes dan sejumlah lembaga terus berupaya menurunkan angkanya dengan bekerja sama dengan berbagai pihak.

Selain malaria saat ini warga masih dihantui dengan covid 19 yang kasusnya terus naik, meskipun yang sembuh juga banyak.

Dengan perda jelas dia jauh lebih mudah bagi bupati dan wakil bupati dalam mengambil kebijakan termasuk soal penganggarannya. (don)

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!