Libatkan 24 Kesebelasan U-22, Persemi Cup 2 Digelar 16 Februari

Maskop Turnamen Sepakbola Persemi Mimika Cup 2/Foto : Istimewa

 

TIMIKA (timikabisnis.com) Setelah sukses menggelar Turnamen Sepakbola dengan tajuk Persemi Cup I tahun 2019 lalu, kini dengan melibatkan 24 tim kesebelasan dengan batas Usia 22 Tahun Persemi Cup 2 dipastikan akan digelar pada 16 Februari hingga 6 Maret 2020.

Kepastian digelarnya Turnamen Persatuan Sepakbola Mimika (PERSEMI) Mimika Cup 2 berdasarkan hasil rapat Panitia Pelaksana (Panpel) yang digelar pada, Kamis (6/2) siang di Sekretariat Persemi Cup 2 di Jalan Hasanudin, Timika, Papua.

Rapat Koordinasi Persemi Mimika Cup 2 di pimpin langsung oleh Ketua  Panpel, Feydi Oroh didampingi Sekretaris Panpel, Bahar Mokodompit dan seluruh anggota panpel lainnya.

Sekretaris Panpel Persemi Cup 2, Bahar Mokodompit, saat jumpa pers di Sekretariat Persemi, Jalan, Hasanudin, Kamis (6/2), mengatakan saat ini sedang dilakukan  proses pendaftaran dan seleksi berkas yang berlangsung pada 6-12 Februari.

“Setiap club wajib melengkapi berkas para pemain, seperti akte kelahiran, Kartu Keluarga (KK), Surat Peryataan menjadi bagian dari club, dan yang terpenting adalah KTP Mimika, bukan KTP luar Mimika. Panitia akan langsung melakukan screening berkas,” jelas Har.

Ia mengakui dalam turnamen Persemi Cup 2  ini, dibatasi hanya  24 tim sepak bola, dan pertandingan menggunakan sistem gugur pada leg pertama dan kedua, sementara di leg ke tiga akan mengunakan sistem setengah kompetisi.

“Sebanyak 24 club sepak bola yang nantinya lolos verifikasi akan kita bagi menjadi  tiga grup dan masing masing grup diisi oleh delapan tim dengan menggunakan sistem gugur, dan hanya dua tim yang lolos untuk babak selanjutnya dengan menggunakan sistem setengah kompetisi,”katanya.

Lebih lanjut Har mengatakan, bahwa di leg ketiga  ini akan ada lima kali pertandingan, dengan sistem kumpul poin, sekali menang  tim akan memperoleh tiga poin, jika, lima kali berturut-turut memenangakan pertandingan, maka akan meraih 15 poin.

Turnamen Persemi CUP II ini akan memperebutkan medali emas, medali Perak dan Perunggu serta Piala Bergilir dan uang pembinaan masing masing juara I Rp 25 Juta dan Juara  II akan menerima uang pembinaan sebesar Rp 20 juta, sedangkan peringkat ke tiga Rp 15 juta.

“Kalau turnamen tahun kemarin memang kita berikan uang pembinaan lebih besar dari tahun ini, alasannya karena tahun kemarni kita banyak tim dan sistim kompetisi, sementara pertandingan kali ini palingan hanya berlangsung tiga minggu saja,” Terang Har.

Menurut Har, bahwa pelaksanan pertandingan Leg satu dan 2 akan dilaksanakan di lapangan Timika Indah, sementara untuk babak enam besar dengan menggunakan sistem setengah kompetisi akan menggunakan Stadion Wania Imipi SP 1 dan Lapangan Sepakbola di Yonif 754/ENK di Distrik Kuala Kencana.

Ketua Panpel  Feydi Oroh mengatakan hingga saat ini sudah ada 21 tim dari kuota 24 tim yang berlaga yang sudah berkoordinasi dengan Panpel dan siap untuk melengkapi semua berkas-berkas.

“Saya ingin semua bisa taat administrasi dan saya sangat yakin teman-teman kita ini bisa bersaing, anak-anak muda di Mimika bisa ikut kembangkan bakat. Karena kita inginkan Persemi adalah asli anak-anak Mimika, bukan dari luar,” ujarnya

Untuk itu, ia sangat mengharapkan semua proses mulai dari Pendaftaran hingga jalannya pertandingan, bisa berjalan dengan baik dan para pemain dapat menjunjung sportivitas dn Fairplay. (opa)

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *