John Thie : Selesaikan Masalah Lahan Aset Pemkab

Timika (timikabisnis) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika diminta segera menyelesaikan aset tanah milik Pemkab pada tujuh titik dalam kota yang hingga saat ini diklaim oknum warga bahwa itu milik mereka.

Pemkab melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Dapat mengumpulkan mereka-mereka yang terlibat dalam transaksi jual beli lahan ini. Hampir semua lahan yang diklaim ada bangunan milik pemerintah dan ada beberapa diantaranya bangunan bagus tidak dipakai sampai saat ini. Bangunan itu dibangun pakai uang negara puluhan miliar dan saat ini sudah rusak parah.

“Sebaiknya BPKAD bersama Inspektorat dapat meminta pertanggungjawaban dari mereka yang terlibat saat jual beli dulu. Kemudian, pemkab juga meminta yang klaim sekarang bisa menunjukan bukti,-bukti kepemilikan. Kalau semua tidak jelas pemkab tempuh jalur hukum untuk mengetahui kejelasan status tanah yang sudah dibeli pemerintah,” terang Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanes Felix Helyanan atau John Thie di ruang kerjanya, Rabu (7/4).

Kemudian pemkab juga dapat menghadirkan saksi-saksi saat transaksi jual beli supaya ada pengakuan dari mereka untuk semua lahan yang diklaim oknum warga itu.

Begitu pula jika terjadi salah bayar kepada yang bukan miliknya pemkab minta untuk kembalikan uang pemerintah itu. Jika tidak proses hukum supaya ada kejelasan prosesnya.

Lahan yang merupakan aset daerah yang diklaim yaitu lahan kantor Perpustakaan dan Aset Daerah, SMA I, BLK Dinas PU, Sentra Pemerintah, dan beberapa yang lainnya. Intinya pemkab harus ambil langkah tegas dan harus tuntas. (don)

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!