Ada Warga Yang Dicoret, Lurah Kwamki Kecewa dan  Mempertanyakan Tim Validasi

Lurah Kwamki, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua, Hence Suebu / FOTO : PEWARTA FOTO : HUSYEN ABDILLAH OPA

 

TIMIKA, (timikabisnis.com) – Ada sejumlah warga yang diusulkan oleh Ketua ketua  RT di kelurahan Kwamki untuk mendapatkan bantuan sembako dicoret atau tidak mendapatkan bantuan. Terkait hal ini, Lurah Kwamki Baru, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua Hence Suebu mempertanyakan kinerja tim validasi Bagian Pangan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTP) Covid-19 kabupaten Mimika.

 

“Saya selaku Lurah Kwamki menyayangkan adanya warga yang dicoret oleh tim validasi yang sudah dimasukkan ketua ketua RT, padahal data sudah dimasukkan kepada tim validasi. Banyak sekali di RT yang sudah dinaikkan atau diusulkan namanya dan terjadi pengurangan, Nanti sudah H-1 baru nanti dikatakan pakai data kependudukan, dan ini kami di distrik dan di kelurahan menjadi sasaran,”tegas Lurah Kwamki, Hence Suebu kepada wartawan, Rabu (13/5) siang.

Namun Hence berharap, agar di pembagian tahap kedua nantinya, warga yang belum mendapatkan di tahap pertama bisa mendapatkan bantuan sama dengan yang sudah.

“Saya sudah meminta setiap RT untuk menyampaikan kepada warga yang belum dapat bantuan, dan itu sudah disampaikan secara baik. Kami berharap agar tahap kedua semua warga yang ada di Kelurahan Kwamki sudah bisa mendapatkan bantuan. Walaupun ada warga yang belum menerima, kami selaku perpanjangan tangan dari pemerintah kabupaten akan mengawal dan memastikan penyaluran sampai ke tangan warga,”ungkap Hence.

Dijelaskan Lurah Hence Suebu, bahwa pihak Kelurahan Kwamki Distrik Mimika Baru akan mengawal penyaluran bantuan bahan makanan (bama) kepada warga yang berhak mendapatkan bantuan di masing-masing RT berdasarkan data Kepala Keluarga yang terdaftar.

“Jadi untuk pembagiannya saya akan ikut kawal, kita akan fokus di satu RT setelah selesai baru kita lanjut lagi ke RT yang lain karena kita mau pastikan penyalurannya sampai ke warga sesuai KK yang terdaftar,” kata Lurah Kwamki, Hence Suebu.

Hence menjelaskan, sebanyak 1.262 kepala keluarga yang terdata di Kelurahan Kwamki yang nantinya akan mendapatkan bantuan. Namun, pembagian tersebut akan dilakukan dua hari mulai dari hari ini dan besok.

“Jadi bantuan itu untuk 1262 KK dan itu yang akan kita salurkan hari pertama, nanti yang sisanya dihari kedua,” jelasnya.

Untuk fokus penyaluran bagi RT-RT yang terdapat masyarakat asli Papua seperti di RT, 1, 3, 4, 9 dan 14, sedangkan sisanya yaitu RT 2, 5, 6, 7 8, 10, 11, 12, 13, 15 dan 16 akan di salurkan besok.

Agar penyalurannya dipastikan sampai kepada masyarakat, pihak Kelurahan akan menyalurkan bantuan sampai ke tangan warga yang berhak menerima.

“Nanti dihari kedua itu RT-RT yang lain sehingga tidak ada persoalan dalam pembagian bama,” ungkapnya.

Penyalurannya bahan makanan difokuskan pada kantor Kelurahan, setelah beras, supermi, kopi, gula, teh, minyak goreng, dan beberapa kebutuhan pokok lainnya di angkut menggunakan truck. (opa)

 

Administrator Timika Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *